Resep Kue Lidah Kucing Varian Vanila

Kue lidah kucing ini diadaptasi dari negara sebelah, tepatnya negeri Belanda dari kata asal nya ‘kattetong’ yang secara harfiah berarti lidah kucing. Dari desain fisiknya yang panjang dan juga tipis yang mirip juga seperti lidah si kucing, maka lahirlah nama kue ini. Yang butuh diperhatikan hanyalah pada saat proses pemanggangan. Jangan gunakan oven dengan suhu yang terlalu tinggi, gunakan aja suhu sekitar 160 derajat celcius. Dengan lama pemanggangan 20 menit. Apabila memanggang dengan suhu terlalu tinggi, kue lidah kucing bakal gosong dibagian pinggirnya dan lembek di bagian tengah nya. Kan jadi gak enak. Sayang sekali kalau demikian.

Saat ini, dipasaran juga telah ada loyang khusus membuat kue lidah kucing ini. Jadi sekarang pasti dapat memaksimalkan risiko kue patah saat diangkat dari loyang. Selain itu bentuknya juga akan lebih cantik. Jika suka, kamu dapat juga menambahkan bahan perenyah kue dalam adonan. Tetapi perhatikan juga perbandingan putih serta kuning telur nya harus pas, yang sebenarnya bahan perenyah kue ini tak terlalu diperlukan. Tapi kalau sekedar kepingin nyoba ya silahkan.

Kue Lidah Kucing Vanila

Kue Lidah Kucing

Kue Lidah Kucing

Bahan Utama Kue Lidah Kucing

  • Tepung terigu 100 gram
  • Gula pasir 30 gram, haluskan dengan blender.
  • Telur ayam sebanyak 3 butir, lalu ambil bagian putihnya
  • Pasta coklat ¼ sendok teh
  • Mentega tawar 100 gram
  • Vanila pasta ½ sendok teh
  • Tepung maizena 25 gram
  • Gula pasir halus 30 gram
  • Susu bubuk 30 gram
  • Garam
  • Margarin 25 gram

Bahan Filling

  • Cokelat masak hitam (dark cooking chocolate) sebanyak 150 gram
  • Krim kental 75 ml

Cara Membuat Kue Kering Lidah Kucing Vanila

Kue Lidah Kucing

Ilustrasi Cara Membuat Kue Lidah Kucing

  1. Langkah pertama adalah mengocok mentega tawar dingin dengan gula halus dan margarine selama kurang lebih 15 menit hingga berwarna putih.
  2. Masukkan tepung maizena, terigu dan susu bubuk ke dalam adonan sembari diayak. Lalu sisihkan.
  3. Siapkan wadah lain. Untuk mengocok adonan lain, yakni putih telur dan garam nampak cukup mengembang. Lalu masukan gula pasir yang sudah dihaluskan tadi hingga mengembang dengan sempurna.
  4. Setelah itu ambil adonan sebelumnya tadi. Masukan adukan telur ke dalamnya secara perlahan-lahan sambil aduk juga pelan-pelan dan siap digunakan.
  5. Setelah adonan selesai, silahkan ambil sebagian adonan nya sekitar 50 gram aja untuk di campur dengan pasta vanila, jangan lupa diaduk hingga rata ya.
  6. Siapkan plastik segitiga dan masukan masing-masing adonan ke dalam plastik tersebut.
  7. Kemudian ambil loyang yang sebelumnya sudah di olesi mentega, Tata dan semprotkan adonan biasa pada bagian dasar, kemudian beri adonan vanila pada bagian atasnya. Lakukan hingga bahan kue lidah kucing nya habis.
  8. Langkah selanjutnya silahkan panggang adonan nya dengan suhu kurang lebih 150 derajat selama 20 menit atau hingga matang dengan sempurna.
  9. Lalu angkat dan tiriskan kue nya lebih dulu.
  10. Tata kue yang sudah dingin ke dalam toples dan sajikan.

Adapun hal yang perlu diperhatikan saat mengemas kue lidah kucing ini. Sebaiknya sangat berhati-hati ya. Karena kue ini sangat mudah hancur. Untuk soal ketahanan kue ini, sama dengan jenis kue kering lainnya. Kalau dikemas dan dimasukkan dalam toples yang ditutup rapat, kue ini bisa bertahan hingga 2-3 bulan. Jadi sebenarnya kamu bisa membuatnya jauh-jauh hari sebelum hari raya Lebaran.

Seperti itulah resep kue kering lidah kucing vanilla yang bisa kami bagikan pada hari ini. Selain itu juga masih ada lagi beberapa jenis kue kering spesial edisi lebaran yang bisa kamu buat.

Silahkan cek juga  : Resep Kue Kastengel Keju yang Gurih

Terima kasih sudah berkunjung dan belajar memasak disini. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi dalam membuat kue kering yang mantap. Akhir kata selamat mencoba di rumah dan semoga sukses.

Resep Kue Lidah Kucing Varian Vanila | irsyadweb | 4.5