13 Kuliner Soto di Malang yang Bikin Nagih

Kuliner soto di Malang, kota dengan setuja tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Meski kotanya terbilang kecil, Malang merupakan salah satu surga kuliner yang tak kalah dengan kota lain. Kuliner Malang sudah tidak dapat dihitung dengan jari, banyak banget makanan hits yang wajib dicoba saat kesana. Mulai dari makanan berat, ringan sampai yang aneh-aneh pun ada di Malang. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas kuliner yang anget-anget dan berkuah. Pas banget dinikmati dengan suasana Malang yang dingin-dingin ngangenin.

Benar sekali, kuliner soto di Malang. Pasti sudah tidak asing lagi kan ya? Soto ini termasuk ke dalam makanan berat khas nusantara. Banyak sekali istilah yang digunakan, ada yang bilang sroto, sauto, tauto atau coto semuanya tetap sama. Makanan khas Indonesia yang dimaksud adalah ini. Hidangan yang tebuat dari kaldu daging ayam, sapi, kambing dan juga sayuran.

Makanan ini memang berasal dari Lamongan, namun ternyata ada banyak juga soto khas Malang. Kalau lagi jalan-jalan ke Malang, cobain deh. Mana saja tempat rekomendasi Soto Malang? Berikut ini daftar soto legendaris di Malang Raya.

1. Soto Lamongan Oro-Oro Dowo

Kuliner Soto di Malang

Soto ini punya kuah ringan dengan rasa kaldu ayam yang tajam. Cocok sekali untuk disantap sebagai menu sarapan maupun untuk makan siang. Harganya juga terjangkau kok, cukup dengan Rp 18.000 saja. Soto ini sudah melegenda di Malang, berdiri sejak tahun 1971. Dan bahkan mungkin Warung Soto Lamongan ini merupakan yang tertua di Malang. Lokasinya berada di Jln. Brigjend Slamet Riyadi 147C.

2. Soto Geprak Mbah Djo

Kuliner Soto di Malang

Merupakan salah satu soto daging yang melegenda di tanah Malang. Berdiri sejak tahu 1935 dan menjadi salah satu wisata kuliner yang wajib untuk dicoba. Khususnya bagi yang demen banget sama soto ya, jangan sampai dilewatkan.

Keunikan dari soto ini adalah terletak pada pengolahan dagingnya. Sebelum dimasak, daging digeprakatau dipukul-pukul hingga halus, empuk dan lembut. Nah dari proses memasak daging inilah, membuat soto Mbah Djo punya cita rasa tersendiri dan beda dari yang lain. Pokoknya istimewa deh, dari hal itu pula kuliner soto ini dijuluki dengan soto geprak Mbah Djo. Harga per porsi kisaran Rp 8000 hingga Rp 14000. Warung soto ini berlokasi di Jl. Letjend S. Parman 77-79, Malang. Buka sejak jam 08.00-18.00 jadi bagi yang mau mencoba soto ini, langsung cus ke lokasi ya.

3. Soto Daging Rahayu

Tak kalah dengan yang lain, soto ini juga sudah menjadi ikon soto legendaris kota Malang. Berdiri sejak tahun 1928 hingga kini. Sekarang warung soto Rahayu ini dikelola oleh generasi ketiga. Sejak dari awal pendiri soto Rahayu ini sudah berjualan di lokasi pasar besar (pavers) sebagai lokasi tetap. Dan pindah sejak tahun 2016 karena pasar besar kebakaran.

Soto Rahayu

Mereka pindah ke kediamannya yang terletak di Kedungkandang. Meski demikian soto ini tetap ramai pembeli. Pada awalnya soto daging Rahayu ini proses masaknya mamakai tungku yang memberikan bau dan rasa yang khas. Namun sesuai dengan perkembangan zaman, pengelola soto Rahayu pun menggunakan kompor gas untuk proses memasaknya.

Simak Selengkapnya : Makanan Khas Palembang

Meski demikian dijamin rasa nikmat yang ditawarkan tidak akan berubah. Rahasianya adalah pada proses menanak nasi, masih memakai metode dandang ala pedesaan ya. Nah sekarang bagi yang ingin tahu lokasi dari soto Rahayu ini. Silahkan ke Megosono, kedungkandang kota Malang.

4. Soto Ayam Ambengan

Kuliner Soto di Malang

Kuliner soto di Malang ini memang melegenda. Kuahnya yang kuning kaya akan rempah dan kita bebas untuk mengambil koya disini. Koya bawang yang sedap, plus kerupuk bikin tambah endess deh. Khusu bagi pecinta jeroan ada pilihan soto jeroan loh! Berlokasi di Jln. Patimura no. 9, Klojen Malang.

5. Warung Soto Rampal

Soto Rampal

Berdiri sejak tahun 1957, olahan soto dagingnya yang bergitu khas dengan kuah yang penuh dengan citarasa daging sapi. Membuat kuliner legenda satu ini selalu ramai pengunjung. Daging sapinya lembut dan bikin nagih! Berlokasi di Jln. Panglima Sudirman no. 71A, Klojen Malang.

6. Soto Lombok

Soto Lombok Malang

Soto legend satu ini, tetap mempertahankan kualitas rasanya yang khas. Soto dengan isian irisan kentang yang besar, telur, irisan ayam kampung, kecambah, seledri dan koya menjadi perpaduan yang nikmat dalam semangkok soto. Berlokasi di Jln. Lombok no. 1 Malang

7. Soto Sawah

Kuliner Soto di Malang

Warung soto yang terletak di tepi sawah ini rasanya sangat istimewa. Menu yang disajikan adalah soto daging kambing dengan kuah yang sedap. Disajikan dengan nasi atau lontong. Menyediakan pilihan aneka lauk yang enak semua, soto ini selalu ramai pengunjung. Berlokasi di Dusun Ketangi, Karangploso Malang.

8. Soto Dhok

Soto Dhok

Kalau makan disini, harus siap-siap kaget karena si penjual memukulkan tongkat kayu meja masak ketika selesai meracik semangkuk soto sampai berbunyi “dhok”. Rasa sotonya nikmat ala bumbu khas Aceh yang khas dengan rempah-rempahnya. Berlokasi di Jln. Sunandar Priyo Sudarmono, Malang.

9. Warung Soto Kiroman

Soto Kiroman Malang

Salah satu warung legend di Malang ini menyediakan banyak hidangan seperti rawon, soto, nasi campur dan gulai. Rasanya yang khas dan tidak berubah sama sekali menjadikannya selalu ramai oleh pembeli. Berlokasi di Jln. Yulius Usma no. 52 Malang.

Baca Juga : Resep Soto Daging Bening Tanpa Santan

10. Soto Cak Ji

Soto Cak Ji Malang

Berdiri sejak tahun 2000, soto yang satu ini masih setia menemani pelanggannya. Kuliner soto yang selalu ramai pembeli ini, memang menyajikan soto dengan cita rasa khas Lamongannya yang kental. Berlokasi di Jln. Kolonel Sugiono Malang.

11. Soto Cak Amir

Kuliner Soto di Malang

Soto daging dengan rasa yang cukup ringan namun tetap penuh cita rasa ini selalu ramai pengunjung. Daging sapi yang lembut, disajikan dengan lauk tempe atau mendol, serta rempeyek udah, menjadikan rasanya makin kaya. Berlokasi di Jln. Raya Perusahaan no. 28, Singosari Malang.

12. Soto Lamongan Cak Sun

Soto Cak Sun

Soto lamongan ini berisi irisan daging ayam kampung, bihun, telur, telur muda dan bahan lainnya. Dengan rasa khas Lamongan, kuah yang kuning dan berminyak memang menambah cita rasa khas yang bikin ketagihan. Kamu bisa menyantapnya dengan harga yang terjangkau. Berlokasi di Jln.Mertojoyo A3 Malang.

13. Soto Basket

Soto Basket

Soto dengan potongan daging yang besar, dan disiram kuah yang menggiurkan. Tambahan lauk seperti perkedel, empal daging sapi, tempe goren dan juga sate komoh. Selain itu ada juga orak sapi goreng, telur sapi dan babat rawis. Pokoknya bakalan nagih banget deh rasanya.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner soto di Malang dari kami. Yang lagi atau bakalan jalan ke Malang, bisa buktikan sendiri deh kelezatannya. Baiklah kini saatnya bagi kami untuk undur diri, semoga info ini bisa bermanfaat khususnya yang sekarang lagi di Malang ya. Sampai jumpa di info menarik selanjutnya.

13 Kuliner Soto di Malang yang Bikin Nagih | resep masakan mudah | 4.5