Akibat Makan Telur Terlalu Sering, Buruk?

Apa akibat kebanyakan makan telur – Mayoritas masyarakat Indonesia adalah pengkonsumsi nasi, hingga ada anggapan bahwa kayak nya belum makan kalau belum menyantap yang namanya nasi. Benar kan? Tapi ada beberapa daerah di Indonesia yang menggunakan bahan makanan lain sebagai pengganti nasi.

Nah kira-kira bagaimana ya pengolahan untuk bahan makanan pengganti nasi tersebut? Mana yang lebih sehat dan lebih bergizi? Terlu ayam kampung atau telur ayam negeri?

Menarik lainnya : Resep Bakwan Jagung Tanpa Telur yang Lezat

Setujukah anda bila saya menyebut bahwa telur adalah makanan yang sangat lekat dengan penduduk Indonesia. Bahkan telur sudah menjadi bahan baku hampir semua jenis makanan yang ada di Indonesia. Bener kan? Seberapa sering sih anda memakan telur setiap hari?

Akibat Makan Telur

Banyak anggapan juga yang menyebutkan bahwa jangan banyak memakan telur, nanti malah bisulah loh. Seringkan ya mendengar kalimat seperti itu? Kira-kira anggapan itu benar gak sih?

Akibat Makan Telur 

Hal yang selama ini kita ketahui, jika banyak mengkonsumsi telur dapat menyebabkan bisulan adalah mitos. Dan seseorang yang memiliki alergi telur, jika orang tersebut mengkonsumsi telur tidak akan menyebabkan bisul. Terus apa akibat makan telur kalau kebanyakan?

Gejala alergi telur :

  • Mual
  • Sakit kepala
  • Muncul ruam kemerahan
  • Muncul benjolan di kulit 

Bisul dapat tumbuh karena bakteri yang umum di temukan di kulit dan bakteri tersebut dapat berkembang melalui kulit yang terluka, atau gigitan serangga.

Nah setelah kita mengetahui bahwa kebanyakan makan telur itu bisa menyebabkan bisal adalah mitos. Sekarang apa yang menjadi fakta, jika anda kebanyakan makan telur. 

1) Kolesterol

Kandungan lemak telur mencapai 200 mg/butir, konsumsi 4 butir telur per minggu nya merupakan batasan yang diperbolehkan. Namun hal tersebut perlu di imbangai dengan menu pola makan sehat seperti berolahraga. Jika tidak, tubuh akan mengalami peningkatan kolesterol. 

2) Resiko Diabetes

Kandungan lemak pada telur dapat memicu penyakit kencing manis, terutama pada wanita. Banyak mengkonsumsi telur dapat beresiko 55% terkena diabetes tipe 2 pada pria, sedangkan wanita 77%.

3) Jerawat

Berlebihan mengkonsumsi telur juga dapat membuat timbunan minyak pada kulit kita dan dapat berakibat pada munculnya jerawat. Pasti tidak mau dong kalau jadi banyak jerawat gara-gara kebanyakan makan telur.

4) Alergi

Jika anda termasuk orang yang alergi terhadap makanan, sebaiknya anda wajib berhati-hati jika hendak mengkonsumsi telur. Karena telur dapat menyebabkan algeri pada seseorang.

Jadi itu tadi fakta jika anda terlalu banyak mengkonsumsi telur, jadi bisa diabetes, jerawat dan lain sebagainya. Ada anjuran nih dalam dunia kesehatan, anda bisa makan telur 4 butir dalam 1 minggu. Ini supaya dapat terhindar dari serangan jantung.

Itulah di akibat makan telur kalau terlalu banyak ya, maka dari itu mulai sekarang kita jaga pola makan. Supaya tetap sehat dan bisa beraktifitas dengan baik. Karena kesehean itu mahal, yuk mulai jaga dari sekarang.

 

Resep Lainnya  7 Makanan Penyebab Jerawat & Solusinya
Akibat Makan Telur Terlalu Sering, Buruk? | irsyadweb | 4.5