Bahaya Makan Nasi Goreng, Sudah Tau?

Bahaya makan nasi goreng untuk kesehatan tubuh kita. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa nasi goreng menjadi salah satu makanan yang mungkin sudah menjadi hidangan favorit keluarga Indonesia. Betapa tidak, hampir disemua sudut kota ada yang namanya penjual nasi goreng. Apalagi kalau di nikmati dalam suasana musim hujan, pasti jadi tambah enak banget.

Tapi tahukah anda, bahwa memakan nasi goreng itu sebenarnya juga ada efeknya loh kepada kesehatan tubuh. Nah sudah pada tau apa belum ini? Seperti yang akan kita bahas pada pertemua kali ini. Tapi tidak hanya itu saja kok, ternyata ada juga loh manfaat nasi goreng bagi tubuh kita. Dan semua info menarik tersebut akan kami puncaki dengan beberapa fakta unik seputar nasi goreng ini. Jadi simak artikel nya sampai habis ya, dan jangan lupa like dan share ya.

 

Bahaya Makan Nasi Goreng

Ada beberapa bahaya makan nasi goreng terhadap tubuh kita, berikut kami akan membahasnya. Nasi goreng mengandung zat Akrilamid. Lembaga Administrasi Pangan Nasional Swedia (NFA) pada tahun 2002 menyatakan bahwa ada zat akrilamid yang terkandung dalam makanan berkarbohidrat yang dimasak pada suhu tinggi. Zat ini jika terkonsumsi dalam jumlah yang banyak, akan berbahaya dan berpotensi menyebabkan kanker.

Bahaya Makan Nasi Goreng

Gambar Nasi Goreng

Sebuah studi oleh WHO menyatakan bahwa Akrilamid terbukti menyebabkan tumor pada beberapa organ hewan percobaan seperti otak, jantung dan ginjal.

Bahaya makan nasi goreng yang kedua berasal dari kebiasaan memakan nasi goreng dengan mentimun. Memang terasa enak, namun hal tersebut tidak baik bagi kesehatan. Jika menggoreng tidak menggunakan minyak yang baik akan terkontaminasi oleh racun. Dan apabila digabungkan dengan air atau getah pada mentimun dapat menyebabkan radang pada tenggorokan.

Lihat Juga : Akibat Makan Telur Terlalu Sering, Buruk?

Jangan mendiamkan nasi goreng terlalu lama, sebaiknya nasi goreng yang sudah dimasak segera untuk dihabiskan. Kandungan zat akrilamid yang terdapat pada nasi akan lebih berbahaya, jika nasi tersebut di diamkan.

Karena nasi tersebut di goreng menggunakan minyak, dan yang paling sering rusak adalah jenis asam lemak yang ada didalam lemak itu sendiri. Kalau lemak atau minyak dipanaskan dalam waktu yang lama, itu akan merubah komposisi hidorgen nya. Sehingga jumlah jenuh bisa menjadi trans, dan ini berbahaya bagi tubuh.

Maka kalau menggoreng hanya untuk 1 porsi, tidak akan over cook karena panas nya selesai. Tetapi karena biasanya memasak dalam jumlah yang banyak, maka akan lama proses pemanasannya. Nah, proses pemanasan inilah yang akan membuat minyak tadi akan jadi sangat jenuh dan bahkan menjadi trans. Kalau sangat jenuh tentu saja akan mengganggu darah, dan itu buruk bagi kesehatan.

Manfaat Nasi Bagi Tubuh

Jika dilihat dari bahannya yaitu nasi itu sendiri, sebenarnya nasi memiliki manfaat yang luar biasa baik untuk tubuh kita. Berikut beberapa manfaat nasi yang baik bagi tubuh kita, apa sajakah itu?

  • Nasi Sebagai Sumber Energi Tubuh, kandungan karbohidrat pada nasi memberikan tenaga untuk tubuh dan membantu fungsi normal otak.
  • Nasi tidak mengandung lemak jahat seperti kolesterol dan sodium
  • Kaya mineral dan vitamin, dalam nasi terdapat vitamin D, kalsium, serat, zat besi dan masih banyak zat lain yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
  • Nasi bisa mengurangi tekanan darah tinggi
  • Dapat menguatkan fungsi jantung, kandungan antioksidan nya berfungsi mengurangi kadar kolesterol sehingga dapat menguatkan kerja jantung kita.

Manfaat dari Nasi Goreng

  • Banyak mengandung unsur protein dari telur, daging, ayam yang pasti bisa menambah nutrisi untuk tubuh.
  • Terdapat unsur lemak dari minyak atau margarin yang bisa ditambahkan pada nasi goreng tersebut.
  • Bagi orang yang kurang nutrisinya makanan nasi goreng bisa menjadi alternatif asupan karbohidrat yang cukup untuk orang-orang yang ingin menambah berat badan.

Fakta Unik Nasi Goreng

  • Di Bandung, sebuah warung nasi goreng disajikan dengan tema menyeramkan. Namanya adalah “Nasi Goreng Gentayangan” yang menyajikan menu nasi goreng buto ijo, mak lampir dan mummy. Nasi goreng gentayangan diracik dengan bumbu yang mengutamakan cita rasa pedas. Penyajiannya pun sangat unik, yakni disajikan dalam sebuah peti mati.
Menu Nasi Goreng Gentayangan

Hidangan Nasi Goreng Gentayangan

  • Rekor memasak nasi goreng di dunia yang dipegang oleh Turki, yakni sebanyak 3.150 Kg. Sebanyak 300 koki pun diperbantukan untuk memasak 4.192 Kg nasi goreng. Usaha pemecahan rekor tersebut diperkirakan memakan biaya sebesar 280 juta rupiah.

Ada Juga : 7 Makanan Penyebab Jerawat & Solusinya

Mungkin itulah info dari kami mengenai bahaya makan nasi goreng yang bisa tersaji pada kesempatan kali ini. Jangan lupa like dan share kepada teman-teman ya, semoga bermanfaat dan salam senyum.

Resep Lainnya  7 Makanan Penyebab Jerawat & Solusinya
Bahaya Makan Nasi Goreng, Sudah Tau? | irsyadweb | 4.5