Cara Membuat Basreng Kering Pedas

Cara membuat basreng kering pedas yang enak. Basreng ini adalah singkatan dari bakso goreng ya. Makanan khas sunda Bandung khususnya camilan yang hits, pada umumnya diberi nama yang unik. Biasanya di ambil dari nama singkatan bahan utama yang digunakan. Seperti contoh cireng singkatan dari aci digoreng, cilok yang merupakan singkatan dari aci yang cara makannya dicolok. Nah kalau basreng, pastinya ya bakso digoreng, ya kan. Nah basreng sediri ini juga memiliki beberapa jenis. Kalau disini nanti kita akan bahas 3 jenis ya. Mulai dari basreng ayam, sapi dan terakhir adalah basreng ikan tenggiri.

Untuk menikmati camilan ini, cocok sekali jika ditemani dengan sambal cobek. Itulah mengapa biasanya di Bandung juga terkenal dengan sebutan basreng cobek. Tidak hanya itu saja ya, camilan hits khas Bandung. Ada keripik basreng bumbu rujak, balado, barseng maicih, basreng karuhun dan masih banyak lagi. Saking banyaknya, gak bisa kami sebutkan satu per satu disini ya.

 

Apa itu Basreng?

Oh iya sekedar info ya bahwasannya basreng super pedas terbuat dari adonan baso ikan tenggiri atau tanpa ikan. Bukan bakso sapi loh ya. Adonan tersebut lalu digoreng garing secara tradisional, dengan memakai pembakaran kayu bakar dan dilengkapi campuran ramua bahan alami. Wajar saja kalau rasanya menjadi keripik basreng yang sangat renyah dan tahan lama. Meski tanpa memakai pengawet serta aromanya khas daun jeruk yang enak.

Menarik juga : Resep Bakso Sapi Kenyal Alami dan Cara Membuat Kuahnya

Untuk rasa pedasnya dihasilkan dari ramuan cabai asli, bukan bubuk ya seperti chilli powder. Karena biasanya nih jajanan saat ini banyak yang pakai bubuk cabai ya. Dengan cabai asli inilah rasa yang didapatkan juga pedas alami yang enak. Kalau warna merahnya, sudah pasti tanpa bahan pewarna buatan seperti pewarna makanan ya. Meski tidak semua produk Basreng menggunakan bahan alami, namun untuk yang bakal kita buat ini kita pilih dengan bahan yang ada disekitar kita dan pastinya alami loh ya.

Cara Membuat Basreng Kering Pedas

Nah sekarang kita bakalan belajar membuat basreng ini. Berikut ini sudah kami sajikan aneka kreasi olahan resep basreng super krispi. Tentunya dengan cara membuat basreng khas rumahan (home made) yang sederhana dan praktis. Jadi bisa untuk dinikmati sendiri maupun nantinya bakal dijadikan sebagai usaha bisnis keripik basreng. Dari pada penasaran, sekarang yuk intip detail resep cara membuat basreng ini. Semoga bisa menginsprasi ya.

 

1) Resep Basreng Bakso Ayam

Bahan dan Bumbu

  • 250 gram dada ayam, dipotong-potong
  • 1 butir telur
  • 150 gram es serut
  • 100 gram tepung sagu aren
  • 3 siung bawang putih, dihaluskan
  • ½ sdm garam kasar
  • 1 sdm bawang putih
  • 1 sdm bawang merah
  • ¼ sdt penyedap rasa
  • ¼ sdt merica bubuk
  • ¼ sdt soda kue

Cara Membuat Basreng Bakso Ayam

  1. Langkah pertama yakni masukkan ayam dan garam dalam choper, giling hingga halus.
  2. Lalu tambahkan telur, es serut, penyedap rasa, bawang putih, merica bubuk, soda kue, bawang putih goreng, dan bawang merah goreng. Giling sampai lembut.
  3. Kemudian masukkan pula tepung sagu, Giling rata sampai lembut dan kalis.
  4. Ambil adonan dan bentuklah bulat-bulat ya. Kalau sudah, tinggal masukkan dalam air hangat.
  5. Jika bakso sudah mulai penuh, rebus sampai matang. Tiriskan dan iris sesuai dengan selera.
  6. Terakhir silahkan goreng dengan api kecil saja sampai kering.
  7. Angkat dan sajikan untuk cemilan.

 

2) Resep Basreng Bakso Sapi

Kali ini kita bakal coba yang terbuat dari daging sapi dulu ya. Nanti selanjutnya akan kita pelajari jenis lain seperti basreng ayam dan juga basreng Ikan tenggiri. Bakso goreng sapi ini akan kita taburi lada atau cabe bubuk juga boleh ya, sangat cocok untuk camilan. Boleh juga untuk dimakan bersama nasi panas sebagai pengganti kerupuk, karena memang rasanya sangat gurih dan renyah. Okey berikut ini adalah resep Basreng Sapi nya.

Bahan dan Bumbu

  • Bakso Sapi yakni bakso mentah atau biasa juga disebut basreng basah
  • Cabai bubuk pedas atau bisa diganti dengan bubuk cabe alami
  • Minyak Goreng

Cara Membuat Basreng Bakso Sapi

  1. Silahkan pilih pentol bakso sapi dengan kualitas baik, bisa beli di supermarket atau pasar.
  2. Bakso diiris sesuai dengan selera ya.
  3. Setelah itu jemur dan biarkan dalam suhu ruangan selama 2 hari
  4. Kemudian baru di goreng dengan minyak yang berkualitas sampai basreng nya merekah ya.
  5. Saat basreng diangkat dan dalam kondisi panas, silahkan taburi dengan bumbu yang telah disiapkan agar menempel. Oh iya, bumbunya bisa dari campuran penyedap rasa dan bubuk cabe tadi loh ya.
  6. Jika sudah, kini diamkan lagi terebih dahulu kurang lebih 1-2 jam dalam suhu ruangan. Jangan langsung di kemas ya, hal ini dilakukan supaya basreng tidak cepat melempem.
  7. Kalau ingin dijadikan sebagai usaha bisnis rumahan, silahkan pack per 350 gram. Atau sesuai selera, namun ukuran itulah yang paling laris ya. Bisa dicoba, silahkan.

 

3) Resep Basreng Bakso Ikan Tenggiri

Tidak hanya basreng ayam dan juga daging sapi doang loh. Ternyata ada juga yang terbuat dari bahan dasar ikan, lebih tepatnya ikan tenggiri. Sudah tau belum? Kalau belum tau silahkan cari sendiri deh di google. Nah kalau sekarang kita tinggal belajar cara membuat basreng ikan tenggiri yang enak dan renyah ya.

Bahan dan Bumbu

  • Siapkan bakso ikan tenggiri yang asli dan segar
  • Cabe
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Kencur
  • Garam
  • Daun jeruk
  • Minyak goreng

Cara Membuat Basreng Bakso Ikan Tenggiri

  1. Harap diperhatikan ya, bakso ikan ini jangan langsung dipotong karena masih agak lembek. Jadi biarkan bakso dalam suhu ruangan selama 2 hari terlebih dahulu. Baru nanti dipotong sesuai dengan selera, hal ini perlu diberitahukan agar hasil basreng nya nanti bisa baik dan enak.
  2. Setelah itu kita goreng bakso dengan minyak yang berkualitas, dan tidak perlu terlalu panas ya. Kenapa? Supaya basreng yang dihasilkan renyah dan mekar.
  3. Kalau sudah mekar, kini angkat basreng. Dan langsung taburi dengan campuran bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya, dalam kondisi basreng masih agak panas ya. Kenapa demikian? Supaya bumbu tersebut bisa menempel pada bakso gorengnya.
  4. Dan terakhir dinginkan dan simpan dalam wadah tertutup, supaya tidak cepat melempem.

 

Kriteria Basreng Tenggiri yang Bagus

  1. Rasanya renyah dan gurih, ini tergantung dari proses penjemuran dan pengeringan nya ya.
  2. Tidak berbau tengik, hal ini bisa didapatkan dari kualitas bakso asli yang bersih dan tanpa bahan pengawet.
  3. Tahan lama, diperoleh dari proses penggorengan basreng. Maka dari itiu gunakan minyak goreng yang berkualitas bagus.
  4. Rasa pedas alami yang berasal dari cabe segar bukan cabe bubuk.
  5. Warna merah alami bukan dari pewarna buatan, bisa didapat dari racikan cabai alami.

Mungkin seperti itu dulu ya ulasan mengenai cara membuat basreng dari kami. Semoga bisa menjadi salah satu info yang bermanfaat untuk kita semua.

Resep Lainnya : Resep Kroket Kentang Isi Keju

Basreng ini juga bisa dijadikan sebagai ide bisnis yang lumayan bagus loh. Okey kini saatnya bagi kami untuk pamit undur diri, terima kasih dan sampai jumpa kembali.

Cara Membuat Basreng Kering Pedas | resep masakan mudah | 4.5