Makanan Khas Palembang

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang makanan khas Palembang. Salah satu kota besar di Nusantara yang menjadi ibukota provinsi Sumatera Selatan. Sudah pasti kota Palembang ini punya daya tarik tersendiri. Kalau bicara Palembang, pasti terlintas wisata alam sungai Musi dan juga jembatan ampera. Tidak hanya itu saja sebenarnya masih ada hal lain yang wajib untuk dinikmati pula. Salah satunya adalah wisata kuliner nya yang unik.

Banyak sekali kudapan dan jajanan tradisional khas yang masih dilestarikan oleh masyarakat Palembang. Tidak hanya pempek saja loh yang menjadi ikon, namun masih ada banyak hidangan lain. Termasuk juga olahan modifikasi dari makanan daerah lain. Penasaran? Berikut ini kami sudah merangkumnya untuk kamu sekalian, semoga bisa bermanfaat ya.

Aneka Makanan Khas Palembang

1) Pempek

Makanan Khas Palembang

instagram.com/agakenyang

Kalau membahas daerah Palembang, apalagi kuliner nya. Pasti yang muncul dipikiran kita adalah pempek. Memang kuliner yang satu ini sudah seperti ikon dari kota Palembang. Bahan utama dari pempek adalah daging ikan dan tepung kanji. Dan biasanya ditambah dengan beberapa bahan seperti tahu, udang, dan telur.

Simak juga : Resep Pempek Palembang

Pempek biasa disajikan dengan saus cuka atau cuko pempek, yang terbuat dari campuran gula merah, bawang putih, cabe rawit, udang ebi dan garam. Pempek pun juga terdapat berbagai jenis, ada yang namanya pempek kapal selam, lenjer, adaan, pempek kulit, pempek panggang dan masih banyak lagi.

 

2) Lempok

Lempok Palembang

instagram.com/pempektintinplg

Kuliner yang satu ini memang mirip dengan dodol, berwarna coklat dengan tektur kenyal. Meski bentuk dan tekstur nya seperti dodol, tapi pembuatan lempok ini berasal dari durian asli. Sedangkan kalau dodol biasa, terbuat dari tepung beras dan tambahan perasa durian. Selain durian, untuk menambahkan rasa manis yang enak biasanya juga dilengkapi dengan gula dan garam.

Untuk pembuatan lempok sendiri juga mirip dengan dodol, jadi saat semua bahan sudah tercampur merata di kuali terus diaduk hingga tektur nya kenyal. Bahkan untuk membuat lempok ini biasanya menghabiskan waktu selama 4 jam, luar biasa bukan? Nah setelah matang, lempok khas Palembang ini dipotong kecil-kecil dan siap untuk dikemas. Jadi tak heran jika harga dari lempok ini bisa melambung tinggi karena memang menggunakan daging durian asli.

 

3) Model

Makanan Khas Palembang

instagram.com/pempekhomeeah

Kuliner yang satu ini bernama model, makanan yang berbahan dasar ikan tenggiri, tahu cina, tepung sagu dan juga tambahan telur. Makanan khas adat Pelembang ini biasanya disajikan bersama dengan kuah udang yang gurih. Cita rasa udang yang begitu enak dilidah, menjadikan makanan yang satu ini wajib dicoba saat jalan-jalan ke Palembang. Untuk membuat Model ini, kita butuh ikan tenggiri yang sudah dibersihkan. Lalu tambahkan garam, telur dan sedikit air es. Semua bahan tersebut dicampur hingga merata dan kental.

Setelah itu adonan dibentuk dan di isi dengan tahu cina, kemudian di goreng. Guna menambah cita rasa dari model ini, biasanya disajikan dengan mentimun dan mie sohun serta bawang goreng sebagai pelengkap. Tapi sebelum itu, harus ditambahkan kuah udangnya ya. Untuk mendapatkan makanan Model ini, kamu bisa menemuinya di sepanjang sungai Musi Palembang. Banyak sekali penjual yang menjajakan kuliner khas yang satu ini dengan harga mulai dari 10rb rupiah.

 

4) Tekwan

Tekwan

instagram.com/genpisumsel

Nama makanan khas Palembang ini sebenarnya berasal dari kalimat “berkotek samo kawan” yang artinya ngobrol bersama teman, dan disingkat menjadi “Tekwan”. Hampir mirip dengan Model tadi ya, karena menggunakan bahan dasar ikan dan juga tepung tapioka. Bahkan penyajiannya pun sama, yaitu dengan kuah udang yang legendaris. Namun perbedaannya adalah kalau tekwan ini tidak di isi dengan tahu cina didalam adonannya.

Selain itu pada toping yang digunakan, sangatlah berbeda jauh dengan makanan Model khas Palembang. Bahkan bisa dikatakan toping dari tekwan ini nampak lebih mewah dibandingkan dengan Model. Toping seperti sohun, daun bawang, bawang goreng mungkin dinilai sudah biasa ya. Kalau tekwan ini ditambahkan dengan potongan jamur kuping dan irisan bengkoang, sehingga nampak lebih menggiurkan dan terkesan menawan.

 

5) Laksan

Laksan

instagram.com/lilikitchen25

Sudah pernah dengan kuliner yang satu ini belum? Laksan juga tak kalah enak nya dengan pempek Palembang. Bahan utama yang digunakan adalah tepung sagu dan ikan, jadi rasanya agak mirip dengan pempek. Namun bedanya ada pada penggunaan kuah Laksan. Makanan ini sagidangkan dengan kuah santan layaknya lontong sayur. Rasa kuahnya sendiri begitu gurih dan nikmat, serta warna kuah yang kemerah-merahan membuat selera makan meningkat.

Untuk membuat kuah santan Laksan ini, diperlukan tambahan udang kering, bawang merah dan putih, ketumbar, merica dan beberapa bumbu pelengkap lainnya. Selain kuah nya yang unik, bentuk dari Laksan sendiri juga terlihat menarik dengan bentuk ovalnya yang lucu. Untuk dapat menikmati Laksan ini juga cukup mudah, kamu bisa menemuinya di berbagai daerah Palembang. Karena makanan ini biasanya dijadikan sebagai menu makan pengganjal perut masyarakat Pelembang.

 

6) Burgo

Burgo

instagram.com/myra_nurma

Makanan khas Palembang selanjutnya adalah Burgo, kuliner yang satu ini tergolong sederhana. Jika dilihat dari bahan yang dgunakan, hanya memakai tepung sagu dan tepung beras lalu disiram dengan kuah santan. Tapi yang membuatnya nampak mewah adalah toping yang dgunakan, seperti suwiran ayam dan telur rebus. Dilengkapi juga dengan kuah santan yang berwarna kekuning-kuningan.

Untuk membuat Burgo ini kita perlu memasak adonan tepung sagu dan tepung beras dengan cara didadar, layaknya membuat telur dadar biasa. Lalu setelah matang, adonan ini digulung dan diris kecil-kecil. Setelah itu disajikan dengan kuah udang yang terbuat dari santan, lengkuas, kemiri, kunyit, ketumbar dan bawang putih. Bicara soal rasa tidak perlu ditanyakan lagi, pasti gurih dan nikmat. Apalagi ditambah dengan isian suwiran ayam dan telur yang menambah rasa menjadi lebih sedap.

 

7) Malbi

Malbi

instagram.com/vee_maya

Makanan yang satu ini sangat rekomended buat kamu yang lagi jalan-jalan ke Palembang. Namanya adalah Malbi, oalahan khas yang kaya akan bumbu rempah-rempah dengan bahan dasar daging sapi. Tampilan nya memang lebih mirip seperti semur daging ya, tapi bumbu yang digunakan lebih beragam. Sebut saja seperti adanya lada, pala dan juga air asam jawa.

Selain ketiga bumbu utama tersebut, bahan pelengkap lainnya seperti kaldu sapi, garam, kecap, gula, bawang putih dan merah juga wajib ditambahkan ya. Nah bumbu halus tersebut akan ditumis bersama daging sapi dengan waktu yang agak lama. Hingga daging sapi benar-benar menjadi agak kering air, tapi mashi terlihat lembab. Malbi disajikan bersama dengan nasi putih, lontong atau pun ketupat. Yang notabenya sangat pas untuk melengkapi protein dari daging. Hidangan Malbi ini juga sering dibuat saat hari raya idul Adha di Palembang.

 

8) Kemplang

Kemplang

instagram.com/kemplangtunudini

Kuliner khas Palembang yang berbahan dasar ikan tenggiri atau ikan bagus yang lain adalah kemplang. Selain pempek, makanan ini juga cukup terkenal sebagai oleh-oleh khas Palembang. Ada beberapa jenis kemplang di ibukota Sumatera Selatan tersebut, ada 6 jenis bahkan. Yang mana tiap jenis memiliki keunikan tersendiri pastinya. Ada kemplang kerupuk, yang bentuknya bulat dengan diameter 5 hingga 7 cm rasa ikan nya gurih banget.

Lalu ada kemplang getas, bentuknya sama bulatnya namun agak kecilan dikit. Dengan diameter sekitar 4 cm, dibuat menggunakan adonan pempek. Selain itu ada juga kemplang panggang, yang tentu dimasak dengan cara dipanggang ya. Enak dan cocok sekali disantap bersama dengan saus sambal.

Tidak hanya tiga jenis itu, masih ada 3 jenis kemplang lagi yang penamaannya memang diseragamkan dengan bentuknya. Seperti kemplang keriting, kemplang koin dan juga kemplang mangkuk. Karena kemplang ini merupakan salah satu jenis makanan layaknya kerupuk tipis, maka pastilah rasanya renyah dengan rasa ikan yang khas Palembang. Bicara soal harga, kerupuk kemplang ini sekitar 15.000 sampai 40.000 per kilo nya. Dan banyak ditemui di pasar tradisional Cinde Palembang.

 

9) Kue Maksuba

Kue Lapis Maksuba

instagram.com/pempekmama

Kue ini sekilas memang tampak seperti kue lapis pada umumnya, yakni memiliki garis warna yang berlapis-lapis. Kalau dari warna ada dua macam ya, yakni cokelat dan kuning. Tapi yang membedakan kue maksuba dengan kue lapis adalah garis-garis nya yang nampak tidak teratur alias acak-acakan, meski kadang terlihat lurus. Bahkan ada yang membulat tebal dan menggumpal.

Seperti layaknya semua kue, yang mana mengedepankan rasa manis dan legis. Namun dengan adanya penggunaan telur bebek pada kue ini, pasti akan memberikan cita rasa yang unik dan berbeda dengan lainnya. Tak tanggung-tanggung dalam membuat adonan kue maksuba ini, memerlukan 24-28 butir telur bebek. Untuk memperolehnya sangat mudah, banyak toko kue di Palembang yang menyediakannya. Apalagi kalau menjelang hari raya, pasti stoknya melimpah.

 

10) Kue Lapis Kojo

Kue Lapis Kojo

instagram.com/doyanbaking

Layaknya kue lapis biasa, kue ini juga berlapis-lapis dengan warna hijau dan juga cokelat sebagai kombinasinya. Untuk bahannya sendiri memakai telur bebek, terigu, daun pandan, santan, daun suji, susu dan juga gula. Daun suji inilah yang membuat kue ini memiliki warna hijau. Selain itu telur bebek sebanyak 20 butir dalam satu adonan, membuat kue ini semakin legis dan manis.

Sama seperti kue khas Palembang pada umumnya, penggunaan telur bebek sebagai bahan yang beda dari kue daerah lain. Dan pastinya punya rasa yang unik dan khas ya. Ada juga kue lapis kojo durian, yang juga cocok untuk dicoba dan sebagai oleh-oleh kalau berkunjung ke Palembang.

 

11) Kue Gandus

Kue Gandus

instagram.com/rikaskellij

Kue ini juga merupakan salah satu kuliner khas Palembang. Dengan bentuk yang mirip seperti mangkok dan warna yang identik putih seperti susu, karena memang dibuat dari santan. Dan pastinya kue Gandus ini gurih rasanya. Tak hanya santan saja, namun juga dilengkapi dengan tepung dan juga daun pandan yang membuat kue ini beraroma wangi dan sedap.

Biar lebih cantik dan menarik, kue ini diberi toping taburan ebi atau udang kecil dan bawang goreng. Potongan daun seledri dan irisan cabai tidak boleh ketinggalan menghiasi kue Gandus ini. Selain rasa gurihnya yang membuat berbeda, aneka taburan berbahan unik inilah yang membuat kue ini patut untuk dicoba. Bahkan ada yang menggunakan sayuran dan cabai merah sebagai topping kue Gandus.

 

12) Kue Srikaya

Makanan Khas Pelembang

instagram.com/dapoerimeh

Boleh dikatakan kuliner khas Palembang yang tak kalah populer nya adalah kue Srikaya ini. Bahkan banyak sekali masyarakat di Palembang dan daerah luar yang menyebutkan kue ini, setelah pempek dan kemplang yang memang sudah hits lebih awal.

Lihat Juga : 13 Kuliner Soto di Malang yang Bikin Nagih

Untuk membuatnya pada awalnya cukup dengan bahan telur, gula dan juga santan. Tapi karena kue ini dimakan dengan ketan, maka saat ini banyak produsen yang menambahkan ketan juga. Kue ini biasa disajikan dengan roti tawar juga. Bahkan saat ini juga ditambahkan telur ayam dan bebek serta daun suji dan pandan sebagai pewarna. Namun yang pasti, kue Srikaya ini tidak memakai tepung layaknya kue lain. Hal itulah keunikan dari kudapan Palembang ini.

 

13) Dadar Jiwo

Makanan Khas Palembang

instagram.com/pempeksulthan_pindangagan

Dilihat dari namanya saja, mungkin kita sudah bisa mengetahui proses pembuatannya. Benar sekali, dadar jiwo ini dibuat dengan mengguanakan telur yang didadar. Tapi dibentuk dengan tampilan menggulung. Dan pastinya tidak sesederhana itu ya, jajanan kuliner yang satu ini juga dilengkapi dengan sayuran. Pada umumnya diberi tumisan pepaya muda dengan rasa gurih di lidah.Nah untuk bagian luar, biasanya ditaburi dengan bawang goreng, irisan cabai, daun sop atau abon. Yummy kan?

Bicara soal cara mendapatkan dadar jiwo ini, bisa dibilang gampang-gampang susah. Karena kuliner yang satu ini, bisa dibilang ramai saat bulan Ramadhan tiba. Dan jarang bisa ditemui saat hari biasa. Namun kalau memang kita ingin mencobanya, ada satu tempat yang paling sering menjualnya. Ada salah satu ruko di daerah Pasar Bedug Mopera, nah disana ada beberapa yang menjua dadar jiwo. Kalau harga sih sekitar 4.000 ya, jadi tunggu apa lagi. Kalau penasaran silahkan dicoba kalau pas jalan-jalan ke Palembang.

 

14) Telok Ukan

Makanan Khas Palembang

instagram.com/dinnamustofa

Kalau kuliner yang satu ini mungkin banyak yang sudah melupakannya, tidak terkecuali para orang Palembang. Mungkin alasan utamanya adalah karena proses pembuatannya yang terbilang rumit dan perlu ketelitian lebih. Bahan utama yang digunakan adalah telur, baik itu telur ayam maupun bebek. Tapi kebanyak memakai telur bebek, karena lebih gurih dan enak kalau dijadikan sebagai kuliner telok ukan.

Cara membuat nya yang pasti adalah melubangi telur memaki benda tajam, sehingga isi telur bisa keluar. Setelah itu nanti akan dicampur dengan aneka bumbu rempah. Kemudian dimasukan kembali ke dalam cangkang telur melalui lubang tadi. Memang benar kan? Pembuatannya yang rumit ini mungkin menjadikan kuliner ini sulit untuk dijumpai. Tapi dulunya di pasar 10 Ulu ada yang memjualnya dengan harga 2.500 per butir.

 

15) Gulo Puan

Makanan Khas Palembang

instagram.com/farlindasaid

Sesuai namanya dari kuliner ini, gulo puan berarti gula susu. Jadi bahan utamanya gula dan susu. Tapi bedanya disini susu yang digunakan adalah susu kerbau rawa. Lalu dicampur dengan gula pasir, dan dipanaskan dengan waktu sekitar 5 jam. Nantinya akan menghasilkan kuliner dengan warna kecoklatan. Tektur yang dihasilkan memang terasa sedikit berpasir, tapi sangat manis rasanya.

Nah gulo puan ini biasanya dipakai untuk selai, dengan mengoleskannya pada roti maupun pisang goreng. Untuk harganya bisa dikatakan agak mahal ya, karena memang susu kerbau rawa nya hanya ada di daerah yang terbatas seperti Pulo Layang, Pampangan, Ogan Komering Ilir. Kamu bisa menemui penjualnya di daerah Pasar Jumat Masjid Agung Palembang dengan harga sekitar 100 ribu per kilongram. Tapi tenang, bisa juga dibeli dengan satuan ons kok.

Dari semua kuliner khas Palembang tersebut, bisa ditarik garis besarnya bahwa kebanyakan berasa gurih dan manis. Selain itu penggunaan ikan tenggiri dan telur bebek yang dominan. Dan hal itulah yang membuat kuliner Palembang memiliki cita rasa yang berbeda dan unik. Yuk cobain satu per satu, khususnya yang saat ini di Palembang ya.

Makanan Khas Palembang | resep masakan mudah | 4.5