Resep Sate Taichan Ayam Khas Senayan

Resep Sate Taichan berikut ini pasti bisa menjadi salah satu pilihan anda. Salah satu kreasi olahan daging ayam yang patut untuk di coba. Ada sedikit perbedaan antara sate taichan ini dengan jenis sate lainnya seperti sate ayam madura, sate Padang dan lainnya. Jika pada sate jenis lain itu menggunakan bumbu kacang dan kecap saat proses pembakaran, Kalau sate taichan ini tidak memakainya. Terus pakai apa dong? Yups, kalau sate taichan ini hanya di bakar dan sesekali di olesi minyak sayur. Hal ini di tujukan untuk memperoleh warna putih pucat yang mengkilat. Itulah salah satu ciri khas dari sate ini, cukup unik ya. Tak heran jika sate Taichan ini sekarang lagi hits khususnya di Jakarta.

Warna yang demikian, bukan berarti daging ayam masih belum matang guys. Kalau masalah daging nya pasti udah matang dengan sempurna. Tampilan nya saja yang kayak gitu, kan tadi emang Cuma pakai minyak sayur. Penasaran kan gimana cara mendapatkan tampilan yang seperti itu dengan mudah? Terus bumbu dan resep sate Taichan itu kayak gimana sih? Yang pasti dia tidak butuh bumbu yang terlalu ribet ya. Jadi lebih mudah dan praktis pokoknya.

Adapun rasa yang ingin di tonjolkan oleh olahan daging ayam yang satu ini adalah rasa asin, asam dan pedas. Untuk rasa asin, kita gunakan bumbu penyedap atau garam. Kalau rasa asam nya kita peroleh dari air perasan jeruk nipis. Sedangkan untuk rasa pedas nya sudah pasti lah berasal dari sambal khas sate Taichan ini. Olahan ini sangat mudah untuk di buat kok, jadi cocok banget nih buat yang baru belajar memasak. Atau juga untuk para mama muda yang masih membutuhkan lebih banyak pengalaman di dapur.

 

Resep Sate Taichan Ayam

Hal yang membuat agak berbeda dengan sate lainnya adalah saat proses pembakaran. Gunakan bara api sedang dan bakar selama kurang lebih tiga sampai lima menit. Lalu lumuri dengan minyak sayur, perasan jeruk nipis dan juga taburan penyedap rasa. Untuk melengkapi nya santap juga bersama sambal yang pedas, sesuaikan dengan selera pedas anda masing-masing.

Sate taichan ini memang sangat terkenal di daerah Senayan. Yang pasling populer itu adalah Bang Ocit yang ada di kawasan Patal Senayan, jalan Asia Afrika persis di seberang patung Senayan. Tak hanya itu sih ada banyak lagi teman nya seperti Bang Heri, Bang Amir dan Bang Ipan yang gak jauh dari situ juga.

Resep Sate Taichan Ayam

Bahan Bumbu Sate

  • Dada ayam, potong dadu
  • Royco ayam
  • Jeruk nipis
  • Minyak sayur

 

Bahan Sambal Sate

  • 7 buah cabe rawit
  • 15 buah cabe merah
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 4 siung
  • Tomat
  • Air bersih
  • Gula pasir secukupnya
  • Lada putih 1/2 sendok teh
  • Garam secukupnya
  • Minyak untuk menumis secukupnya

 

Langkah Membuat Resep Sate Taichan Senayan

  1. Potong dadu daging ayam, kemudian lumuri dengan perasaan jeruk nipis, sedikit minyak sayur dan kaldu ayam.
  2. Diamkan selama 15 menit sampai bumbu meresap.
  3. Tusuk daging ayam nya dengan tusukan sate, lalu bakar hingga ayam berubah warna dan matang.

 

Cara Membuat Sambal Sate Taichan

  1. Uleg halus semua bahan sambal. Kemudian tumis dengan minyak goreng. Jangan lupa cicipi rasanya ya.
  2. Tumis hingga cabai matang dan tidak bau langu. Boleh di tambahkan air, jika sambal nya terlalu kental. Setelah itu angkat dan sisihkan.

 

Penyajian Sate Taichan Ayam

  1. Tata rapi sate dengan piring saji. Hias dengan lalapan yang segar sepeti timun, daun selada, tomat dan kol. Jangan lupa sambal nya juga dengan keadaan terpisah.
  2. Atau gulingkan sate ke sambal, lalu sajikan bersama nasi putih di tambah dengan lalapan segar lainnya.
  3. Sebagai pelengkap, tambahkan bawang goreng jika suka.

Untuk membuat sate Taichan ini, anda juga bisa memakai jenis daging yang lain seperti daging sapi, kambing atau seefood sekalipun udang dan cumi juga enak. Pokok nya anda doyan dan semakin enak untuk di santap.

Mudah bukan? Cara membuat resep sate Taichan ala Abang Senayan di rumah? Silahkan berkreasi sendiri dengan kreativitas masing-masing ya. Semoga bisa menambah daftar camilan di rumah. Tak hanya itu saja ada juga nih resep masakan ayam lain yang bisa untuk di icip-icip. Seperti Resep Opor Ayam, Istimewa!

Terima kasih ya sudah belajar memasak bersama kami disini, semoga resep kali ini bisa bermanfaat untuk kita. Monggo yang mau share resep nya, supaya bunda yang lain juga pada tahu mengenai rahasia sate Taichan ini. Akhir kata semoga berhasil recook di rumah nya ya.

Resep Sate Taichan Ayam Khas Senayan | irsyadweb | 4.5