Tips Unik Mengusir Lalat di Dapur, Tapi Ampuh!

Tips unik mengusir lalat ini pasti bisa bermanfaat untuk anda ya. Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa lalat merupakan satu jenis serangga yang mungkin bisa dikatakan menyebalkan ya, khususnya saat kita di dapur. Tidak cukup sampai disitu saja, lalat juga kerap membawa penyakit. Apalagi saat lalat ini hinggap pada makanan kita ya. Dan tentunya kita gak pingin dong kalau makanan yang akan kita konsumsi bersama keluarga tekontaminasi oleh si lalat ini. Terus bagaimana dong untuk mengatasi lalat yang selalu beterbangan disekeliling kita. Nah berikut ini kami akan berikan beberapa tips atau cara yang bisa dilakukan untuk melindungi makanan kita dari lalat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari yang sederhana hingga mungkin yang aneh-aneh. Bahkan juga sering dilakukan di warung-warung makanan. Penasaran? Yuk simak selengkapnya berikut ini ya.

 

Tips Unik Mengusir Lalat di Dapur

1) Tudung saji

Kita awali dari langkah yang paling mudah ya, seperti biasanya kita kita gunakan tudung saji. Penggunaan nya sangat berpengaruh pastinya untuk mencegah hinggapnya lalat pada makanan. Untuk mendapatkan tudung saji pun juga sangat mudah, bahkan di toko kelontong kanan kiri rumah juga ada. Di pasar tradisional pun juga banyak sekali penjualnya, selain itu harganya yang relatif mudah membuat cara ini menjadi langkah awal untuk mencegah lalat.

Mengusir Lalat di Dapur dengan Tudung Saji

Tidak hanya lalat saja yang bisa hinggap pada makanan, serangga lain pun juga bakal sulit untuk menembus tudung saji ini. Namun kalau cara ini juga masih dibilang kurang, mungkin beberapa tips lain berikut ini bisa dilakukan ya. Baiklah yuk lanjut ke tips selanjutnya ya.

Tahukah Anda?

 

2) Membakar lilin

Dinner dengan Lilin

Nah kalau lalatnya sudah tidak terkontrol lagi dan makin hari tambah banyak di dapur. Kami sarankan untuk membakar lilin saja. Kenapa demikian? Cara ini berdasarkan pada sifat alami yang cenderung “takut” pada cahaya dan panas. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencoba membakar lilin. Dan usir semua lalatnya yang mencoba hinggap di makanan. Tapi kalau sudah hilang lalatnya, jangan lupa untuk mematikan lilin nya itu ya. Jangan sampai kelupaan ya.

 

3) Lavender

Ruang Makan dengan Hiasan Lavender

Sudah tahu kan lavender? Ituloh yang biasanya digunakan untuk mengusir nyamuk. Tapi ternyata bunga lavender ini juga mampu mengusir lalat loh. Caranya cukup mudah kok, kamu tinggal perlu meletakkan beberapa tangkai bunga lavender di dapur dan juga di ruang makan.

Dengan adanya lavender ini, dipercaya bisa mengusir nyamuk. Karena aroma dari lavender ini dibenci oleh para lalat tengil. Sehingga membuatnya tidak betah berada di dapur. Merasa kesulitan mendapatkan lavender? Lakukan cara lain untuk mengusir lalal berikut ini.

4) Jeruk Nipis, Lemon dan Cengkeh

Jeruk dan Lemon

Selanjutnya adalah jeruk nipis maupun lemon ya. Aroma segar dari kedua buah tersebut memang bisa membuat segala jenis serangga enggan untuk berlama-lama di suatu ruangan. Tak terkecuali si lalat ini, hewan ini juga dikenal selalu menjauhi wewangian yang segar. Seperti pada buah jeruk nipis dan lemon. Cengkeh juga bisa digunakan untuk mengusir peredaran lalat yang berterbangan disekeliling dapur dan ruang makan ya.

 

5) Air dan Plastik

Langkah terakhir juga bisa dibilang cukup unik ya. Oh iya, pernahkan kalian menemukannya di warung-warung makan? Seperti air yang di bungkus dalam plastik dan digantung. Kalau biasanya mungkin malah di tambah dengan lombok di dalam nya hehe lucu ya. Seperti yang bakal kita bahas disini, sebenarnya benda tersebut memang ditujukan untuk mengusir para nyamuk.

Tips Unik Mengusir Lalat di Dapur

Kok bisa?

Apakah ada penjelasannya secara ilmiah? Pasti ada lah. Berikut penjelasan ilmiahnya, biar kamu gak asal-asal an percaya. Dikiranya nanti malah semacam benda mistis tahayul haha.

Menurut penjelasan ilmiah, mata lalat ini punya sudut pandang berbeda tidak layaknya pada pandangan mata manusia. Bahkan ada sekitar 3000-6000 mata pada tiap bulatan mata si lalat. Dan mata itu tidak bisa fokus pada satu sudut pandang aja, layaknya mata kita. Mata-mata tersebut menampilkan berbagai sudut pandang yang berbeda-beda. Layaknya 3000-6000 monitor CCTV yang menampilkan sudut pandang yang berbeda.

Nah saat lalat terkena pembiasan cahaya dari banyak bungkusan air plastik ini, maka si lalat akan sangat tersiksa.
Dan pastinya si lalat akan memilih pergi dan meninggalkan ruangan tersebut. Jadi sekarang sudah jelas kan? Landasan dari cara menggantung bungkusan air di plastik? Unik juga ya ternyata.

Semoga dengan adanya informasi ini bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat. Dan pastinya semoga para lalat genit yang selalu wara-wiri di dapur bisa segera lenyap.

Terima kasih sudah mampir disini, jangan lupa share tips unik mengusir lalat di dapur ini kepada teman-teman kalian ya. Biar mereka juga tahu cara unik dan landasan ilmiahnya. Akhir kata selamat menjalani hari yang indah dan selamat mencobanya di dapur. Salam sukses selalu untuk kita semua, see you.

Tips Unik Mengusir Lalat di Dapur, Tapi Ampuh! | resep masakan mudah | 4.5